PMI Kabupaten Pemalang Kirim 10 Tangki air bersih untuk Ringankan Beban Masyarakat

 on Rabu, 08 Agustus 2012  


Desa Gombong Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang menjadi langganan kekeringan setiap musim kemarau. Warga menunggu kepedulian pihak lain untuk meringankan beban hidupnya. Siapa saja yang mengirimkan?

LAPORAN: HIMAWAN AR

SALAH satunya, Palang Merah Indonesia (PMI) yang mulai mengirim tangki-tangki air untuk membantu kebutuhan air bersih pada daerah yang mengalami kelangkaan air. Desa yang mendapatkan bantuan tangki-tangki air bersih belum lama ini adalah Desa Gombong, Kecamatan Belik.

Berdasarkan pemetaan kantor Kesbangpolinmas Kabupaten Pemalang, Desa Gombong merupakan salah satu dari dua desa di Kecamatan Belik yang mengalami kelangkaan air bersih  di musim kemarau.

Ketua PMI Kabupaten Pemalang Drs H Abdul Kadir mengungkapkan, PMI sudah mengirimkan bantuan di Kecamatan Belik, khususnya  Desa Gombong sebanyak 10 tangki untuk sementara ini.

“Kemungkinan  berkembang ada tambahan lagi. Sementara baru itu nanti perkembangan lebih lanjut sesuai kebutuhan,” ujarnya.

Pemilihan Desa Gombong untuk pengiriman bantuan tersebut menurutnya karena di desa tersebut mengalami kondisi yang paling parah. Menurut dia, hampir semua desa membutuhkan, tetapi desa-desa lain sudah dicukupi dari Pemda.

“Kami akan persiapkan jika Kecamatan Pulosari membutuhkan,” ujarnya.

Dia berharap, bantuan yang dikirimkan oleh PMI sedikit banyak meringankan beban masyarakat di sana. “Karena saat ini yang dibutuhkan sekali adalah air bersih itu,” tandasnya.

Menurut dia, kendati masyarakat kondisi ini terjadi hampir tiap musim kemarau tiba, tetapi dari masyarakat ada semangat untuk menyikapi kondisi tersebut. Beberapa anggota masyrakat yang memiliki tabungan membeli tangki untuk menjual air bersih murah.

“Air bersih dijual dengan harga murah. Satu truk hanya Rp 200 ribu, isi 4000 liter. Sudah ada 5 orang yang mempunyai itu,” ujarnya.

Selain itu menurutnya, dia mendengar dari Camat Belik tengah menjajaki kerjasama anatara pemda Pemalang dengan Pemda Purbalingga untuk membangun reservoir di Purbalingga. Masyarakat Desa Gombong menjadi pelanggan PDAM Purbalingga.

“Supply air  dari sana, dari reservoir di Purbalingga sana,” ujarnya.

Kendati kondisi kekeringan, menurut Pak Kadir, masyarakat masih bersyukur, karena saat ini kehidupan mereka masih bisa ditopang dengan harga sayur  yang saat ini sangat bagus. 

SUMBER Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Menilik-Kekeringan-di-Desa-Gombong-Kecamatan-Belik-Pemalang.html



warga menunggu antrian





Bapak Camat Belik Sebelah kiri dan Bapak Ketua PMI 
Kabupaten Pemalang ( Bertopi Merah ) sedang mengisi air 
kedalam dirigen milik penduduk, didampingi 
Ketua PMI Kecamatan Belik dan Lurah Gombong



Foto : M.Sobari

PMI Kabupaten Pemalang Kirim 10 Tangki air bersih untuk Ringankan Beban Masyarakat 4.5 5 Unknown Rabu, 08 Agustus 2012 Desa Gombong Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang menjadi langganan kekeringan setiap musim kemarau. Warga menunggu kepedulian pihak lain unt...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar