Evaluasi Kinerja Tahun 2014 " Pemalang Gerakan Bulan Dana Raih Peringkat Tujuh"

 on Senin, 12 Januari 2015  

PMI Pemalang Selenggarakan Musyawarah Kerja Kabupaten, Pada Agenda Tahun sebelumnya Evaluasi Kinerja Tahun 2013 dilaksanakan pada Januari Tahun 2014, Tahun ini  Untuk Mukerkab dengan agenda evaluasi kinerja Tahun 2014 dan Penyusunan Rencana Program Tahun 2015, diadakan pada akhir tahun pada bulan Desember 2014

Sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD ART), PMI Kabupaten Pemalang, di Aula setempat, Selasa (30/12) menggelar  Musyawarah Kerja (Musker). Agenda  musker kali ini, mengevaluasi kinerja tahun 2014 sekaligus menyusun rencana kerja tahun 2015. Hadir dalam musker tersebut pengurus PMI kabupaten, pengurus PMI kecamatan dan relawan PMI se Kabupaten Pemalang.

Ketua PMI Kabupaten Pemalang Drs H Abdul Kadir mengungkapkan banyak hal yang dibahas dan dibicarakan demi kelangsungan PMI kedepan agar bermanfaat bagi masyarakat, salah satunya dalam bentuk program kegiatan atau rencana kerja tahun 2015.

“Rencana kerja tersebut nantinya akan menjadi acuan kinerja bagi PMI Kabupaten Pemalang dalam menjalankan kegiatan dan pelayanan sepanjang tahun 2015,” ungkapnya.

Adapun beberapa materi yang disampaikan, Drs H Djoko Sijanto dalam penyampaian materinya memaparkan beberapa rangkuman kegiatan strategis selama tahun 2014, dengan melibatkan partisipasi aktif pengurus, karyawan, relawan maupun masyarakat. Antara lain tertib organisasi, melaksanakan musyawarah kerja tepat waktu dan melaksanakan pengukuhan PMI kecamatan se Kabupaten Pemalang serta pelaksanaan tertib administrasi PMI kecamatan.

Mengenai penggalian dana melalui Gerakan Bulan Dana PMI Kabupaten Pemalang tahun 2014 masuk peringkat ke 7 dalam penggalangan dana dari PMI kabupaten dan kota se Jawa Tengah. Yaitu berturut-turut selama 2 tahun dengan mendapatkan hadiah atau bantuan 1 (satu) perangkat komputer dan printer.

Dalam pengembangan SDM tahun 2014, mengirimkan relawan PMI Kabupaten Pemalang untuk mengikuti pelatihan di tingkat Jawa Tengah. Antara lain kesiapsiagaan bencana, assesment, logistik, kehumasan, sepuluh langkah anti kekerasan, tertib administrasi organisasi penyusunan program kerja dan sistem PMER mengikuti latihan gabungan kesiapsiagaan bencana yang diselenggaraan oleh Bakorwil III serta mengirimkan tim pertolongan atau  evakuasi bencana longsor di Kabupaten Banjarnegara.

Yankesos dan UDD antara lain kegiatan pengobatan gratis dalam rangka HUT PMI dan HUT relawan, bantuan air bersih, bantuan pasien tidak mampu. Selain itu jumlah kebutuhan darah tercukupi, pengiriman DDS 50 dan 75 kali sebanyak 13 orang,  untuk mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jawa Tengah. Termasuk pengiriman DDS 100 kali sebanyak 2 orang untuk mendapatkan penghargaan dari Presiden RI.


Kerjasama dengan mitra donor antara lain dukungan dana melalui gerakan bulan dana, pemberian materi PP di perusahaan, mengadakan mobil unit donor darah di berbagai instansi atau lembaga social, rata-rata mencapai 2 tempat dalam satu hari.

Sedang untuk penanggulangan bencana antara lain, relawan PMI berpartisipasi aktif dalam penanganan bencana banjir, tanah longsor dengan mendirikan posko dan dapur umum pada lokasi bencana. Seperti banjir di Sugiwaras Kecamatan Pemalang, di Comal dan Ulujami, selain itu tanah longsor di Watukumpul.

Disamping itu, relawan PMI berpartisipasi aktif dalam kesiapsiagaan bencana gunung slamet, PMI Kabupaten Pemalang menjadi tempat latihan gabungan se Bakorwil III di lapangan Gambuhan Kecamatan Pulosari. Memberikan bantuan dana kepada korban bencana melalui dana siaga PMI di tiap-tiap kecamatan.

Sementara peran serta aktif , peserta Musker memberi saran masukan, salah satunya yang disampaikan oleh Sugiyanto selaku utusan PMI Kecamatan Ampelgading, dia mengusulkan dalam rangka meningkatkan profesionalitas agar pengurus PMI Kecamatan dilatih teknis pertolongan penanggulangan bencana. Selain itu, dari Relawan Dwi Sulistiyawan juga mengusulkan agar di tiap-tiap PMI kecamatan untuk mengaktifkan alat komunikasinya (HT/ Rigt) guna mempermudahkan koordinasi di setiap wilayahnya.

Dokumentasi :

 Sambutan Oleh Ketua PMI Kabupaten Pemalang
( Dok PMI : 30/12/2014 )

 Agus Sulaiman dari Relawan mengungkapkan saran usul
( Dok PMI : 30/12/2014 )


Andri Adi dari Unsur Pengurus Kecamatan 
Mengemukakan Saran Usul
( Dok PMI : 30/12/2014 )


Pengurus Menanggapi Saran Usul Peserta
( Dok PMI : 30/12/2014 )

Evaluasi Kinerja Tahun 2014 " Pemalang Gerakan Bulan Dana Raih Peringkat Tujuh" 4.5 5 Unknown Senin, 12 Januari 2015 PMI Pemalang Selenggarakan Musyawarah Kerja Kabupaten, Pada Agenda Tahun sebelumnya Evaluasi Kinerja Tahun 2013 dilaksanakan pada Januari Tahun 2014, Tahun ini Untuk Mukerkab dengan agenda evaluasi kinerja Tahun 2014 dan Penyusunan Rencana Program Tahun 2015, diadakan pada akhir tahun pada bulan Desember 2014 PMI Pemalang Selenggarakan Musyawarah Kerja Kabupaten, Pada Agenda Tahun sebelumnya Evaluasi Kinerja Tahun 2013 dilaksanakan pada Januari ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar