PMR SIAGA DBD

 on Rabu, 15 April 2015  

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Indonesia  timbul sebagai wabah untuk pertama kalinya di Surabaya pada tahun 1968. Sekarang DBD sudah meluas hingga 26 provinsi di Indonesia. Penyakit yang ditularkan oleh nyamuk gigitan nyamuk  Aedes aegepty  perlu dibasmi tak hanya di lingkungan rumah dan masyarakat akan tetapi di sekolah.

Dalam rangka mewujudkan sekolah sehat para siswa – siswi  SMA Negeri 1 Comal yang  tergabung dalam organisasi  Palang Merah Remaja melakukan siaga demam berdarah bersamaan dengan latihan rutin, Senin, 30 Maret 2015.

Pembina PMR SMAN 1 Comal, Bapak Kudono ,S.Pd. menghimbau agar kegiatan siaga demam berdarah bisa dilakukan secara rutin agar siswa-siswi SMAN 1 Comal dapat menuntut ilmu dengan nyaman tanpa khawatir terserang DBD. Selain itu dengan diadakan kegiatan semacam ini diharapkan agar para siswa dapat melakukan kegiatan siaga DBD di lingkungan sekolah seperti di lingkungan rumah maupun di lingkungan masyarakat.

Kegiatan siaga DBD ini di lakukan di dalam sekolah tercinta SMAN 1 Comal yang terletak di Jalan A.Yani 77 Comal Pemalang dengan sasaran tempat lapangan tengah,ruang UKS, di sekitar kelas dan tempat-tempat yang terdapat genangan air.

Pada kegiatan ini para siswa yang berjumlah 61 orang  melakukan siaga DBD dengan pengendalian vector yang dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara kimia dan pengelolaan lingkungan, dengan cara pemberantasan sarang nyamuk (PSN).Penggendalian dengan cara kimia dilakukan dengan menaburkan bubuk abate ke dalam air yang tergenang seperti bak mandi. Sedangkan pemberantasan sarang nyamuk dilakukan dengan membersihkan selokan agar lancar dan tidak tersumbat serta memindahkan sampah dari bak sampah sampai ke pengelolaan sampah sekolah yang lebih besar untuk diolah lebih lanjut.


Setelah kegiatan fisik siaga DBD dilaksanakan, para siswa melakukan cuci tangan agar terhindar dari penyakit. Kegiatan tersebut juga dapat melatih diri sendiri sebagai remaja yang cinta akan kebersihan diri sendiri maupun orang lain dan sebagai perwujudan dari pengamalan Tri Bakti PMR yang pertama yaitu “Meningkatkan Keterampilan Hidup Sehat, jelas kudono (Amar Saefudin - PMR SMA N 1 Comal )
PMR SIAGA DBD 4.5 5 Unknown Rabu, 15 April 2015 Dalam rangka mewujudkan sekolah sehat para siswa – siswi SMA Negeri 1 Comal yang tergabung dalam organisasi Palang Merah Remaja melakukan siaga demam berdarah bersamaan dengan latihan rutin, Senin, 30 Maret 2015. Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Indonesia  timbul sebagai wabah untuk pertama kalinya di Surabaya pada tahun 1968. Sekarang DBD suda...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar