Musim Hujan, Cegah Flu dengan 5 Cara Alami Ini

 on Kamis, 17 Januari 2013  


VIVAlife - Musim hujan menjadikan tubuh lebih rentan terhadap berbagai penyakit, seperti flu. Ini biasanya terjadi jika tubuh dalam kondisi tak fit atau daya tahan tubuh tengah menurun.
Sayangnya, penyakit flu kerap diremehkan oleh banyak orang. Padahal, flu yang dibiarkan akan berakibat fatal dan pastinya mengganggu aktivitas sehari-hari.
Alih-alih mengobati, ada baiknya Anda melakukan pencegahan. Berikut adalah cara alami mencegah flu di musim dingin seperti dilansir laman Huffington Post.

1. Cuci tangan

Salah satu cara untuk mencegah flu adalah rajin mencuci tangan. Seperti diketahui, 80 persen infeksi ditularkan melalui kontak, seperti bersin, batuk atau menyentuh permukaan yang telah terkena bersin atau batuk.

Dianjurkan untuk mencuci tangan sebelum makan, minum atau menyentuh wajah. Selain itu, jangan lupa membersihkan permukaan yang biasa menjadi sarang penyakit, seperti kamar mandi, telepon, komputer, dan pegangan pintu kulkas.

2. Tidur cukup

Saat tidur, tubuh Anda bekerja memperbaki sel tubuh. Tidur selama 7-9 jam memungkinkan tubuh Anda memperbaiki serta menyembuhkan dirinya sendiri dan menangkal infeksi.

"Jika Anda tidak mendapat tidur yang cukup, sistem tersebut tidak beroperasi dan Anda berada dalam penurunan yang stabil dari waktu ke waktu," ujar profesor klinis mikrobiologi dan patologi dari NYU Langone Medical Center, Philip M. Tierno.

3. Olahraga

Olahraga mampu memompa darah Anda secara teratur. Dianjurkan melakukan olahraga selama satu jam sehari.  "Bahkan bisa dalam bentuk jalan kaki di kantor, naik turun tangga, pergi dan pulang kerja-- tidak harus terus menerus," ucap Tierno.

4. Konsumsi makanan mengandung zinc

Mengkonsumsi nutrisi dan mineral dalam jumlah tepat menjadikan tubuh dalam kondisi optimal melawan flu. Ini artinya, tinggalkan makanan berlemak dan mengandung gula. Konsumsi lebih banyak sayur, buah, dan makanan yang mengandung protein tanpa lemak.

Sementara itu salah satu nutrisi yang bisa diandalkan saat musim hujan dan flu adalah zinc. Makanan yang mengandung zinc antara lain tiram dan gandum.

5. Konsumsi bawang

Bawang memiliki senyawa allicin yang memililki afek anti-mikroba. Senyawa ini diketahui mampu melawan bakteri dan virus tertentu.

Sumber :VIVAlife
Musim Hujan, Cegah Flu dengan 5 Cara Alami Ini 4.5 5 Unknown Kamis, 17 Januari 2013 VIVAlife - Musim hujan menjadikan tubuh lebih rentan terhadap berbagai penyakit, seperti flu. Ini biasanya terjadi jika tubuh dalam kondi...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar