PMI BUKA DAPUR UMUM PENGUNGSI BANJIR

 on Minggu, 02 Februari 2014  

Akibat hujan deras senin 27 Januari 2014 dan Minggu 2 Pebruari 2014 sungai comal meluap. Delapan wilayah Kecamatan di kabupaten Pemalang terendam air yaitu : Kecamatan Bantarbolang, Ulujami, Comal, Ampelgading, Petarukan, Taman, Pemalang dan Bodeh. Ketinggian air bervariasi menggenangi pemukiman. Yang terparah di wilayah Kecamatan Ulujami sebanyak tiga desa, yaitu Desa Pesantren, Desa Limbangan dan desa Mojo mencapai 1, 5 meter.

Setelah dikoordinasikan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) pada tanggal 27 Januari 2014  disepakati untuk membuka dapur umum (DU) pengungsi banjir didesa Pesantren oleh BPBD, didesa Mojo oleh PMI dan didesa Limbangan oleh Dinas Sosial. Dengan sigap relawan PMI dibawah koordinator Hadi Sucipto mempersiapkan alat-alat DU dihalaman Balai Desa Mojo. Langsung mulai memasak.

Ibu-ibu Pengurus PKK Desa Mojo sejak pagi telah disiapkan oleh Kepala Desa berbaur dengan Relawan PMI sehingga menambah semangat dan gairah di Posko. Posko Dapur Umum di Desa Mojo melayani pengungsi yang berjumlah 4.099 jiwa. Sedangkan pada tanggal 2 Pebruari 2014 Dapur Umum PMI ditempatkan di Desa Pesantren.


Ketua PMI Kabupaten Pemalang H. Abdul Kadir bersama Sekretaris PMI H. Djoko Sijanto yang sejak pagi mengikuti memantau kegiatan evakuasi warga mengungkapkan : “ PMI sebagai organisasi kemanusiaan sudah seharusnya dapat tampil dalam membantu setiap musibah dan bencana”. Relawan sebagai pelopor dan motor penggerak PMI diharapkan terpanggil untuk secara sukarela membantu korban banjir. Pada kegiatan ini relawan PMI yang diterjunkan kelokasi bencana sejumlah 55 orang bersama dengan Tenaga Sukarela (TSR) dari sekolah tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) kabupaten Pemalang dan Universitas Panca Sakti Tegal ( UPS )  ikut berpartisipasi dalam kegiatan evakuasi maupun dapur umum, tambah Abdul kadir.
Dilaporkan oleh BPBD Kabupaten Pemalang bahwa dalam musibah banjir di Pemalang dapat berjalan dengan baik dan tidak terjadi koban jiwa manusia.

PMI BUKA DAPUR UMUM PENGUNGSI BANJIR 4.5 5 Unknown Minggu, 02 Februari 2014 Akibat hujan deras senin 27 Januari 2014 dan Minggu 2 Pebruari 2014 sungai comal meluap. Delapan wilayah Kecamatan di kabupaten Pemalang terendam air Akibat hujan deras senin 27 Januari 2014 dan Minggu 2 Pebruari 2014 sungai comal meluap. Delapan wilayah Kecamatan di kabupaten Pemalang t...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar