Roger's : Kuliah Bukanlah Alasan Untuk Tidak Menjadi Relawan

 on Jumat, 23 Mei 2014  

(foto: Roger’s, tim dokumentasi Aksi Pemberian Bantuan Korban Banjir Pekanbaru).


Perkenalkan, nama saya Roger’s Sihombing. Seorang mahasiswa dari Politeknik Caltex Riau (PCR), jurusan Teknik Komputer. Banyak orang yang bilang kalau berkuliah di PCR maka waktu sehari-hari hanya akan dihabiskan dengan kesibukan perkuliahan. Namun dalam hati saya sangat tidak setuju dengan pernyataan itu. Saya sudah semester enam (angkatan 2011), artinya saya tengah berada di masa akhir perkuliahan. Biasanya para mahasiswa di semester akhir akan ragu untuk mengikuti kegiatan yang kemungkinan besar akan menyita waktu. Saya tidak tergolong dalam kelompok itu.

Sejak semester awal berkuliah, saya telah memutuskan untuk bergabung dengan Korps Sukarelawan PMI kota Pekanbaru. Saya mendapatkan info mengenai pengadaan Diklatsar (Pendidikan Latihan Dasar) untuk perekrutan anggota baru KSR PMI dari senior jurusan saya, yang juga telah 3 tahun lebih dulu bergabung dengan PMI kota Pekanbaru. Saya mengajukan diri dan pada tanggal 30 Januari- 2 Februari 2011 yang lalu, saya beserta 15 orang lainnya mengikuti kegiatan Diklatsar tersebut.

Woow! Sungguh suatu pengalaman yang sangat mengesankan selama acara Diklatsar tersebut. Disana kami diberikan pengajaran dan pelatihan mengenai materi utama Kepalangmerahan, mulai dari Pertolongan Pertama, Water and Sanitation, Manajemen Bencana, Logistik, Assessment, dan materi lainnya. Selain materi yang menarik, acara Diklatsar ini sangat menghibur karena lokasi pelaksanaan yang berada di area kebun binatang. Tenda kami berada di dekat kandang singa, dan teman-teman pasti bisa membayangkan gimana suasana malam hari saat sedang tidur ditemani dengan auman singa yang lapar. Hahaa :D Mantap bangeeet!!

Setelah mengikuti Diklatsar, saya telah banyak ikut dengan senior kami untuk berbagai kegiatan PMI kota Pekanbaru, seperti Pelatihan & Lomba PMR Madya- Wira se-kota Pekanbaru, aksi Bulan Dana se-kota Pekanbaru, Pelantikan anak-anak PMR, turun dalam pemberian bantuan saat banjir melanda Pekanbaru bulan Desember 2013 yang lalu, dan masih banyak yang lainnya. Weeew... Saya yang semasa SMA tidak begitu aktif dengan kegiatan Ekskul, dan sejak bergabung dengan KSR kota Pekanbaru ikut turun ke lokasi banjir bersama dengan Ketua Umum PMI kota Pekanbaru, bapak Yuzamri Yakub beserta jajarannya, saya sangat bangga akan hal itu.

Well, jika saya bercerita semua tentang apa yang telah saya alami sejak mengikuti kegiatan Kepalangmerahan ini, maka mungkin batasan 500 kata akan terlewati. :D Saya sangat senang akan keputusan saya untuk bergabung dengan PMI, karena saya merasa mendapatkan banyak pengalaman hidup yang berguna untuk masa depan saya. Semoga anak-anak muda masa sekarang makin mencintai kegiatan ini dan semakin ikut berperan aktif didalamnya. Aksi sebagai relawan memang dibutuhkan suatu komitmen yang kuat, walaupun mungkin sedang aktif kuliah, hal itu rasanya tidak dapat dijadikan alasan untuk menolak mengikuti kegiatan bersifat kemanusiaan seperti Korps Sukarelawan PMI ini.
Roger's : Kuliah Bukanlah Alasan Untuk Tidak Menjadi Relawan 4.5 5 Unknown Jumat, 23 Mei 2014 Saya sangat senang akan keputusan saya untuk bergabung dengan PMI, karena saya merasa mendapatkan banyak pengalaman hidup yang berguna untuk masa depan saya. Semoga anak-anak muda masa sekarang makin mencintai kegiatan ini dan semakin ikut berperan aktif didalamnya. Aksi sebagai relawan memang dibutuhkan suatu komitmen yang kuat, walaupun mungkin sedang aktif kuliah, hal itu rasanya tidak dapat dijadikan alasan untuk menolak mengikuti kegiatan bersifat kemanusiaan seperti Korps Sukarelawan PMI ini. (foto: Roger’s, tim dokumentasi Aksi Pemberian Bantuan Korban Banjir Pekanbaru). Perkenalkan, nama saya Roger’s Sihombing. Seorang ma...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar