PMI - BPBD Sosialisasi Kesiapsiagaan Bencana

 on Selasa, 28 Oktober 2014  

Sosialisai Kesiapsiagaan Bencana Kerjasama TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) Sengkuyung Tahap II,  dengan PMI Kabupaten Pemalang Tahun 2014, dilaksanakan di Pendopo Balai Desa Penakir Kecamatan Pulosari (27/10/2014). Dalam kegiatan tersebut juga menghadirkan Badan Penaggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kabupaten Pemalang Agus TP sebagai pemateri.

Dalam penyampiannya agus menjelaskan, tentang prosedur kerja penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi, yang merupakan hal sangat penting dan harus diketahui oleh semua warga,  langkah-langkah yang diambil antara lain membuat peta rawan bencana, menyiapkan potensi masyarakat/Linmas untuk penanggulangan bencana, melaksanakan penyuluhan, menetapkan daerah alternatif pengungsian korban bencana dan peemberian peringatan dini pada masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana.

Sedangkan Dwito Muhbarok yang merupakan Pelatih PMI Kabupaten Pemalang menerangkan kepada semua warga yang hadir kaitanya dengan manajemen penanggulangan bencana seperti banjir, kebakaran,kekeriangan, longsor dan lain sebagainya. Karenanya perlu dilakukan kegiatan sebelum terjadinya bencana-bencana tersebut, sehingga dapat mengurangi atau mencegah potensi bahaya yang lebih besar dan kemungkinan timbul ketika bencana datang. ”semua masyarakat perlu untuk mengetahui seputar terjadinya bencana, utamanya yang tinggal didaerah rawan bencana, karena jika bencana terjadi masyarakatlah yang terkena dampaknya ”

Kepala Desa penakir Herningsih dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya kegiatan sosialisasi seperti ini diharapkan semua warga bisa tanggap bencana apabila terjadi dirumah masing-masing dan ini sangat penting untuk diketahui dan diperhatikan ”apalagi Desa penakir merupakan wilayah yang rawan bencana” ungkapnya

PMI - BPBD Sosialisasi Kesiapsiagaan Bencana 4.5 5 Unknown Selasa, 28 Oktober 2014 Sosialisai Kesiapsiagaan Bencana Kerjasama TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) Sengkuyung Tahap II, dengan PMI Kabupaten Pemalang Tahun 2014, dilaksanakan di Pendopo Balai Desa Penakir Kecamatan Pulosari (27/10/2014). Dalam kegiatan tersebut juga menghadirkan Badan Penaggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kabupaten Pemalang Agus TP sebagai pemateri. Sosialisai Kesiapsiagaan Bencana Kerjasama TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) Sengkuyung Tahap II,  dengan PMI Kabupaten Pemalang Tahun...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar