Bina Generasi Muda Melalui Kegiatan PMR

 on Rabu, 11 September 2013  

Pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan oleh PMI Provinsi Jawa Tengah salah satunya adalah melalui penilaian lomba PMR di tingkat Kabupaten. Lomba tersebut sebagai sarana untuk pembinaan generasi muda secara berkelanjutan agar nantinya bisa menularkan kepada generasi lainnya.

Demikian disampaikan oleh Kaeksiningsih, Staf Kepala bagian Pengembangan Sumber Daya PMI Provinsi Jawa Tengah saat penilaian PMR Madya Unit SMP Negeri 1 Comal, senin (9/9) kemarin.

Disampaikan oleh Kaeksiningsih, Penilaian PMR Madya di ikuti oleh 20 Kabupaten se Jawa Tengah, diantaranya adalah Wonosobo, Cilacap, Pekalongan, Klaten, Wonogiri Kebumen dan Kota Magelang dan Pemalang.

Dari Tiap-tiap Kabupaten di ambil satu unit PMR yang berprestasi terang Ningsih.

Dari hasil penilaian tersebut yang masuk enam besar Jawa Tengah akan mendapatkanpenghargaan dan uang pembinaan.

Bagi juara di tingkat provinsi untuk sementara hanya sampai disitu,belum ada jenjang penilaian ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

Ketua PMI Kabupaten Pemalang H Abdul Kadir selaku Pembina PMR di  Kabupaten Pemalang menyampaikan, evaluasi atau penilaian PMR Madya materinya adalah tentang managemen, edukasi sarana dan prasarana dan pembiayaan unit PMR tersebut. Meneurutnya hal tersebut sudah menjadi komitmen PMI Pemalang untuk terus membina remaja melalui sekolah-sekolah yang hal itu sudah dilakukan melalui proses panjang sejak 2012.

Salah satu bentuk pembinaan yang dilakukan PMI Pemalang adalah melakukan pelatihan-pelatihan kepada para Pembina di masing-masing unit. Hasil Pelatihan yang diikuti oleh Pembina tersebut nantinya ditularkan dan disampaikan kepada anggota PMR di masing-masing unit.

Disampaikan pula, bahwa anak-anak muda biasanya rasa egoismenya tinggi dengan mereka masuk menjadi anggota PMR secara bertahap dilatih sejak dini untuk bisa mencintai dan menyanyangi orang lain. Hal tersebut dipraktikan dengan menolong beberapa orang yang terkena musibah atau kecelakaan, misalnya ikut dalam operasi ketupat candi yang dilakukan oleh jajaran kepolisian dan lain sebagainya.

Harapan semua sekolah memiliki unit PMR tidak hanya madya, tetapi juga di SD sudah ada jiwa relawan. Sehingga manakala dia sudah keluar dapat menjadi relawan yang ulung dan siap membantu sesame. (rid)

Sumber  : Radar Pemalang (11 /09 /2013)


Bina Generasi Muda Melalui Kegiatan PMR 4.5 5 Unknown Rabu, 11 September 2013 Pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan oleh PMI Provinsi Jawa Tengah salah satunya adalah melalui penilaian lomba P...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar