Tim Penilai dari PMI Provinsi Datangi PMR SMP N 1 Comal

 on Selasa, 10 September 2013  

Comal-Palang Merah Remaja ( PMR ) Unit SMP N 1 Comal mengikuti lomba Penilaian PMR Madya Teladan Tingkat Jawa Tengah Tahun 2013. Penilaian tersebut dilakukan karena PMR SMP tersebut telah berhasil meraih juara 1 pada penilaian serupa tingkat kabupaten yang diselenggarakan pada bulan Januari lalu.

Keberhasilan PMR Unit SMP Ngeri 1 Comal tersebut sebelumnya telah menyisihkan 10 dari PMR lainnya di Pemalang yang kemudian meloloskan 3 PMR Madya, dan salah satunya yang meraih juara 1 adalah PMR Madya Unit SMP Negeri 1 Comal.

Pembina PMR Suhanto, SPd mengatakan dalam penilaian tersebut yang dinilai adalah presentasi atau pemaparan materi ke-PMR-an yang disampaikan Yasmin, wawancara dengan anak-anak non PMR yang berjumlah 5 anak, dan guru non pembina 2 orang, itu untuk membuktikan betul atau tidak di SMP Negeri 1 Comal melaksanakan ekstra kurikuler (eskul) berupa PMR di samping eskul lainnya.

Penilainnya lainnya adalah tentang K 3 atau kebersihan lingkungan, WC, Ruang UKS, PMR untuk Putra dan Putri serta jalur evakuasi penanganan bencana manakala ada atau terjadi bencana. Namun demikian, dia berharap tidak ada bencana.

Kepala SMP N 1 Comal Drs. Kirno menyampaikan, even semacam ini bukan sekedar masalah juara atau tidak, tetapi yang lebih penting adalah pengaruhnya terhadap siswa itu sendiri.

Siswa lebih bisa meningkatkan bagaimana cara hidup bersih, sehat, bisa berinteraksi dengan masyarakat, tingkat RW dan sebagainya, ini yang pada akhirnya bisa mempererat jalinan tingkat lebih tinggi, nasional bahkan internasional, " kata Kirno.

Selaku pimpinan, urai dia, mengucapkan terima kasih kepada PMI Kabupaten Pemalang dan stake holder yang ada yang telah ikut membimbing dan membina, sehingga tahun ini PMR Madya Unit SMP N 1 Comal bisa meraih teladan 1 tingkat Kabupaten. Prestasi ini pula yang akhirnya membawa menuju ke tingkat Provinsi.

Disampaikan pula, PMR madya adalah PMR untuk usia SMP, PMR Mula adalah usia SD sedangkan PMR Wira untuk Siswa SMA, di unit SMP 1 Comal ada sekitar 135 anggota PMR yang terdiri dari kelas 8 dan 9 adalah 45 anak dan kelas 7 adalah 90 anak.

Untuk meningkatkan kemampuan anggota, Mereka di beri materi pelatihan diantaranya materi Pertolongan Pertama ( PP ) Perawatan Keluarga ( PK ) yaitu diajari bagaimana cara untuk merawat orang tua serta materi ke-PMR-an. (rid)

Sumber : Radar Pemalang (10/09/2013)
Tim Penilai dari PMI Provinsi Datangi PMR SMP N 1 Comal 4.5 5 Unknown Selasa, 10 September 2013 Comal- Palang Merah Remaja ( PMR ) Unit SMP N 1 Comal mengikuti lomba Penilaian PMR Madya Teladan Tingkat Jawa Tengah Tahun 2013. Penilai...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar